Sub Sangkanhurip Sektor 7 Satgas Citarum Harum Peduli Lingkungan

Winsatu com/-Kab. Bandung,- Warga masyarakat pada umumnya baru menyadari bahwa begitu pentingnya menjaga lingkungan ketika telah terjadi kerusakan yang berdampak pada kerugian baik materi maupun nonmateri. Sementara proses-proses yang terjadi didalamnya sering dilupakan. Artinya bahwa perilaku masyarakat yang selama ini menentukan kualitas lingkungan tidak banyak diperhatikan. Salah satu peduli akan lingkungan disini adalah kebersihan bebas sampah.

Dansektor 7 Kolonel Inf Jefson Marisano mengatakan, ” keberadaan Sektor 7 Satgas Citarum diawali sejak tahun 2018 silam, sudah tiga tahun berjalan berkecimpung dengan sampah, limbah dan banjir “.

” Dalam kurun waktu memasuki Tahun ke 3 (Tahun 2018-2025) Satgas Citarum Harum dari TNI turun dalam pembagian tugas sejumlah 23 Sektor dari bantaran Sungai Citarum yang panjangnya 296 Km sudah mulai ada perubahan yang sangat berarti sesuai amanat Perpres No. 15 Tahun 2018, ” jelasnya

Pada kesempatan tersebut, Dansub Sangkanhurip Sektor 7 Satgas Citarum Serma Dadan Sunandar selalu menekankan kepada warga untuk selalu peduli lingkungan.
Sedangkan dalam pelaksanaannya, keterlibatan dan partisipasi masyarakat yang tinggal disekitar bantaran Sungai Citarum sudah mulai memperlihatkan antusiasnya untuk mendukung Program Citarum Harum.

Hasil dari sosialisasi dan edukasi dari Sub Sangkanhurip Sektor 7 Satgas Citarum selama ini adalah warga yang tinggal di RW. 04 Kampung Cikambuy Hilir Desa Sangkanhurip Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung bersama Sub Sangkanhurip melakukan pembersihan sampah di bantaran Sungai Citarum, pemeliharaan kebun bambu dan pemeliharaan taman, Senin (19/4/2021).

Dansektor 7 Kolonel Inf Jefson menambahkan,” didalam waktu dekat ini Sub Sangkanhurip akan melaksanakan penanaman vertiver di bantaran sungai Kampung Bojong Tanjung. Adapun tujuan penanaman vertiver ini adalah untuk mencegah terjadinya longsor di bantaran sungai dan diperkirakan 2.000 bibit vertiver siap untuk ditanam.

(Pendam III/Siliwangi/Tera)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *